Senin, 11 Maret 2013

Kho Ping Hoo




Satu foto yang menggambarkan bagaimana wujud sekolah HIS pada jaman dulu

Kho Ping Hoo
Kho Ping Hoo lahir pada tanggal 17 Agustus 1926 di Sragen, sebuah kota di Jawa Tengah dekat Surakarta atau Solo. Kho lahir dari keluarga miskin, karena itu ia tidak bisa bersekolah ttinggi, hanya sampai kelas 1 HIS (Holandsche Indische School). Sama saja dengan kelas 1 SD sekarang.
Itulah sebabnya Kho Ping Hoo akhirnya tidak bisa membaca tulisan atau aksara cina atau huruf mandarin
Kemampuannya bercerita tentang sejarah dan negara Cina diperolehnya dari rajinnya membaca buku.
Kho Ping Hoo menulis cerita selama 30 tahun dan menghasilkan sekitar 400 judul buku cerita silat cina. Selebihnya Kho juga telah menulis sebanyak 50 judul cerita silat Jawa.
Nama lengkapnya adalah : Asmaraman Sukowati Kho Ping Hoo.
Kho Ping Hoo mulai menulis pada tahun 1958. Pada usia 32 tahun. Sudah dapat dipasstikan Kho banyak belajar dari buku-buku cerita silat yang banyak beredar pada masa itu. Kita tahu bahwa pada tahun 1940 an di Tasikmalaja (sebuah kota kecil di Jawa Barat) ada penerbit yang banyak mencetak bucu cerita silat Gie Hiap dan Boe Hiap. Ejaannya juga masih lama, yaitu menggunakan oe untuk huruf u. Majalah yang terkenal pada saat itu adalah Star Weekly. Kho Ping Hoo mengirimkan ceritanya kesana dan dimuat !
Kemudian Kho Ping Hoo bersama beberapa pengarang lain  mendirikan majalah Teratai. Di majalah ini ia mulai menyiarkan cerita silat pertamanya : Pedang Pusaka Naga Putih. Cerita ini ditulisnya sambil bekerja secara serabutan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Terkenal akhirnya Kho Ping Hoo ini. Keluarlah dia dari pekerjaannya, untuk selanjutnya menjadi pengarang buku cerita silat terlaris di Indonesia, sekaligus menjadi penerbit untuk buku-bukunya sendiri. Ia mendirikan percetakan CV. Gema.
Kho Ping Hoo juga menulis cerita silat yang berlokasi di Jawa, antara lain peristiwa pada jaman Majapahit.
    

   

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar